Pembagian kelas dalam pertandingan pencak silat menurut berat badan

Apabila pertandingan tidak bisa dilanjutkan kerana sebab-sebab berikut: Pelanggaran berat a. Pelanggaran ringan a. Pada dasarnya penimbangan pertama dilaksanakan untuk menentukan kelas, dan oleh karenanya tidak ada diskualifikasi pada waktu penimbangan pertama.

Kenapa pembagian kelas pertandingan bela diri selalu menggunakan berat badan?

Sikap pasang tiga, caranya sebagai berikut. Penggunaan senjata wajib dan senjata pilihan diberikan kebebasan dalam urutan penggunaanya. Tongkat terbuat dari rotan dengan ukuran panjang antara cm hingga cm, dengan garis tengah 2.

Kecuali ada pemberitahuan dari Tim Manager tentang pengunduran pesilat.

PERATURAN PERTANDINGAN IPSI

Keputusan lain-lain. Jika Pesilat tidak dapat melanjutkan pertandingan, maka Pesilat bersangkutan dinyatakan kalah teknik. Pesilat yang tidak dapat memenuhi ketentuan berat badan dalam penimbangan ulang menurut kelas yang diikutinya, dikenakan sanksi diskualifikasi.

Setelah penimbangan 15 menit sebelum pertandingan, berat badannya tidak sesuai dengan kelas yang diikuti. Penimbangan pertama dilakukan sekurang-kurangnya 6 enam jam sebelum dimulainya pertandingan pertama dalam satu kejuaraan. Teknik sapuan, ungkitan, kaitan dan guntingan tdak boleh didahului dengan memegang atau menggumul tubuh lawan, tetapi dapat dibantu dengan dorongan atau sentuhan.

Nilai kekompakan, kemantapan dan soliditas yang mencakup unsur: Teknik menjatuhkan dapat dilakukan dengan serangan langsung, sapuan, ungkitan, guntingan dan teknik menjatuhkan yang didahului oleh tangkapan atau bentuk serangan lainnya yang sah.

Pergelangan tangan harus lurus, tidak bisa bengkok.

Penjelasan Aspek dan Pertandingan Pencak Silat

Tekhnik menjatuhkan yang dinilai adalah berhasilnya pesilat menjatuhkan lawan sehingga bagian tubuh dari lutut keatas menyentuh matras dengan pedoman: Lawan dapat melakukan serangan balik secara sah.

Menjatuhkan lawan menggunakan tekhnik jathan dengan cara tidak ikut terjatuh atau lebih menguasai lawan yang dijatuhkan. Lawan dapat melakukan serangan balik secara sah.

Peraturan Pertandingan Silat IPSI

Jenis, ukuran dan jumlah senjata yang dipakai adalah seperti berikut: Setiap pemanggilan dengan tenggang waktu 30 detik.

Jika jatuhan berada di dalam medan laga dan Pesilat menggeser keluar medan laga, jatuhan dinyatakan sah. Berjalan menurut etika. Pada waktu penimbangan, Pesilat hanya mengenakan pakaian Pencak Silat yang kering tanpa sabuk, perlindungan kemaluan dan pelindung sendi.

Kategori pertandingan Pencak Silat terdiri dari: Mendapat tegoran yang ketiga akibat pelanggaran ringan. Berbentuk lingkaran dalam bidang gelanggang dengan garis tengah 8 m. Sejarah dan perkembangan pencak silat di indonesia Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia.

Posisi kaki kuda-kuda tengah: Perlengkapan Gelanggang. Jika pesilat tidak dapat melanjutkan pertandingan maka dinyatakan kalah mutlak.

Kategori Regu, minimal harus diikuti oleh 2 dua peserta, dan langsung babak Final. Undur DiriPesilat dinyatakan undur diri apabila setelah 3 tiga kali pemanggilan oleh Sekretaris Pertandingan tidak memasuki gelanggang untuk memperagakan kategori regu.

Boleh memakai badge badan induk didada sebelah kiri serta diperkenankan memakai bedge IPSI didada kanan, bendera negara dilengan kiri dan mencantumkan logo sponsor yang posisinya dilengan kanan, yang besarnya tidak melebihi bedge IPSI.

Timbangan, alat timbang pada saat timbang awal harus sama dengan alat timbang pada saat timbang ulang. Dilakukan sekurang-kurangnya 6 enam jam sebelum dimulainya pertandingan pertama dalam satu Kejuaraan.

Penimbangan ulang dilakukan 15 lima belas menit sebelum Pesilat yang bersangkutan mengikuti pertandingan sesuai dengan jadual yang ditentukan. Pelanggaran berat. Perhitungan terhadap pesilat yang jatuh karena serangan yang sah, tidak termasuk waktu bertanding.

Pasal 6 Kategori dan kelas pertandingan DewasaKategori dan kelas pertandingan untuk Dewasa: Waktu pertandinganWaktu penampilan adalah 3 tiga menit.Kategori tanding adalah kategori pertandingan pencak silat yang menampilkan dua orang pesilat dari dua kubu berbeda dan saling berhadapan.

Dalam pertandingan kategori tanding, pesilat saling berhadapan menggunakan unsur pembelaan dan serangan pencak silat, yaitu menangkis/mengelak, menggenakan sasaran dan menjatuhkan lawan. Pertandingan Pencak Silat Indonesia dilakukan berdasarkan rasa persaodaraan dan jiwa kesatria dengan menggunakan unsur Pembagian kelas menurut berat badan hanya berlaku untuk kategori TANDING yang dilakukan dengan penimbangan Berat badan.

Pesilat yang tidak memenuhi ketentuan berat badan dalam penimbangan menurut kelas yang. Pembagian kelas menurut berat badan hanya berlaku untuk katagori TANDING yang dilakukan dengan penimbangan berat badan. Penimbangan pertama: Negara-negara ini berkeinginan untuk mengikuti pertandingan Pencak Silat Olahraga dalam SEA Games, diantaranya ada yang meminta bantuan pelatih dari Indonesia.

laurallongley.comgan terhadap Pencak Silat.

Perlengkapan Pertandingan Pencak Silat

Untuk penimbangan, pesilat harus berpakaian pencak silat yang digunakan untuk bertanding, kering, tanpa sabuk, tanpa pelindung kemaluan dan pelindung sendi.

Pesilat yang tidak memenuhi ketentuan berat badan dalam penimbangan menurut kelas.

PERATURAN PERTANDINGAN PENCAK SILAT ANTARABANGSA

Pembagian kelas menurut berat badan hanya berlaku untuk kategori TANDING yang dilakukan dengan penimbangan badan. 1. Penimbangan Pertama: a.

Penimbangan pertama dilakukan sekurang – kurangnya 6 (enam) jam sebelum dimulainya pertandingan pertama dalam satu kejuaraan. b. 9/26/ · a. Pakaian pertandingan, pakaian Pencak Silat berwarna hitam b. Pelindung badan c. Pelindung kemaluan Pembagian kelas: Menurut umurnya, peserta dibagi 3 golongan: Golongan remaja berumur di atas 14 s/d 17 tahun - Golongan teruna berumur di atas 17 s/d 21 tahun - Golongan dewasa berumur di atas 21 s/d 35 tahunAuthor: Suyono.

Pembagian kelas dalam pertandingan pencak silat menurut berat badan
Rated 0/5 based on 97 review