Klasifikasi penurunan berat badan pada diare

Diare Patofisiolgi Klasifikasi Dan Manifestasi Klinis

Penyebab tersering iritasi adalah infeksi virus atau bakteri di usus halus distal atau usus halus besar. Gejala muntah dapat terjadi sebelum atau sesudah diare. Diare Akut Klinik dan Laboratorik. Akibatnya sel epitel ini tidak dapat berfungsi untuk menyerap air dan makanan. Infeksi enteral adalah infeksi saluran pencernaan makanan yang merupakan penyebab utama diare.

Pemberian cairan: Sebagai akibatnya akan terjadi diare osmotik. Dehidrasi kekurangan cairan Tergantung dari persentase cairan tubuh yang hilang, dehidrasi dapat terjadi ringan, sedang, atau berat.

Diare Akut Pada Anak (Pedoman Tatalaksana Diare Akut dari WHO)

Obat-obat yang dapat menyebabkan diare akut adalah antibiotik, digitalis, laksatif, manitol, metformin, misoprostol, quinidin, sorbitol dan teofilin. Isi rongga usus yang berlebihan ini akan merangsang usus untuk mengeluarkannya sehingga timbul diare.

Berdasarkan penyebabnya diare: Apabila diare berdarah, kondisi tersebut kita sebut sebagai disentri.

Mahasiswa memahami patofisiologi diare 5. Buang air besar yang sering dengan tinja normal atau bayi yang hanya minum ASI kadangkala tinjanya lembek tidak disebut diare.

Pengumpulan data Talbot. Sementara itu, tanda perbaikan hidrasi dapat dipantau melalui turgor, kesadaran dan kemampuan anak untuk minum setiap setidaknya 1 jam.

Menurut World Health Organization WHO pada tahun mendefinisikan diare adalah buang air besar BAB 3 kali atau lebih dalam sehari semalam 24 jam yang mungkin dapat disertai dengan muntah atau tinja yang berdarah muntaber Widoyono, Mengutip definisi Hippocrates menyatakan diare adalah buang air besar dengan frekuensi yang tidak normal meningkat dan konsistensi tinja yang lebih lembek atau cair Nelson dkk, ; Morley, berpendapat bahwa gastroenteritis dikesampingkan saja dimana memberikan kesan terdapatnya suatu radang sehingga selama ini penyelidikan tentang diare cenderung lebih ditekankan pada penyebabnya Suharyono, Riwayat kesehatan yang lalu.

Infeksi diare terjadi karena kontaminasi makanan dan air. Gejala dan tanda-tanda diare akut adalah konsistensi encer dan berair yang menyerang secara mendadak, nyeri perut, keadaan mendesak ingin buang air besar, mual, perut kembung, dan demam.

Jika masih minum ASI, anak dapat disusui lebih sering dan lebih lama.

Pengertian Diare

Hipoglikemia 3. Konsep Dasar Asuhan Keperawatan Asuhan keperawatan dilakukan dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan untuk meningkatkan, mencegah, dan memulihkan kesehatan melalui empat tahap proses keperawatan yang terdiri dari: Meskipun belum tampak tanda dehidrasi berat, apabila anak tidak bisa minum sama sekali seperti karena muntah profus, dapat dilakukan pemberian infus dengan pemberian cairan secepatnya.

Zinc ini penting untuk membantu penyembuhan selama diare serta mencegah timbulnya diare berikutnya. Pemantauan dilakukan setiap menit melalui pemeriksaan nadi radial. Rineka cipta. Obat anti sekresi. Hipoglikemia dapat mengakibatkan koma.

Hal ini terjadi karena sindrom malabsorbsi meningkatkan motilitas usus intestinal. Tablet zinc dapat diberikan selama 10 hari. Penyakit Apotekers. Patogenesis Diare Akibat Bakteri Bakteri masuk ke dalam traktus digestivus, kemudian berkembang biak didalamnya.

Faktor psikologis, rasa takut dan cemas jarang, tetapi dapat terjadi pada anak yang lebih besar. Diare paling sering menyerang anak-anak, terutama usia antara 6 bulan sampai 2 tahun dan pada umumnya terjadi pada bayi dibawah 6 bulan yang minum susu sapi atau susu formula.

Bila jumlah cairan yang masuk dan keluar setiap hari selalu seimbang, tidak akan terjadi diare atau defisit cairan, tetapi pengeluaran cairan melebihi pemasukan seperti pada diare akan terjadi defisit cairan tubuh yang lebih dikenal dengan dehidrasi.

Iritasi mikroba juga mempengaruhi lapisan otot sehingga terjadi peningkatan motilitas. Protozoajuga merupakan salah satu infeksi diare seperti Entamoeba histolytica, Microsporidium, Giardia lamblia, dan Cryptosporidium parvum.

Anak dengan diare tanpa dehidrasi tidak perlu dirawat. Individu yang mengalami diare berat dapat meninggal akibat syok hipovolemik dan kelainan elektrolit. Gangguan Sirkulasi Pada diare akut, kehilangan cairan dapat terjadi dalam waktu yang singkat.

ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK DENGAN “DIARE”

Pemberian obat-obatan Prinsip pengobatan diare adalah menggunakan cairan yang hilang melalui tinja atau dengan muntah dengan cairan yang mengandung elektrolit dan glukosa.

Akibat disentri adalah anoreksia, penurunan berat badan dengan cepat, kemungkinanterjadinya komplikasi pada mukosa. Klasifikasi terbaru digunakan untuk diare akut yang masih terjadi selama lebih dari 7 hari, yaitu diare memanjang prolonged diarrhea.

ASI dapat terus diberikan apabila anak masih mau menyusu.Diare adalah frekuensi buang air besar lebih dari 4 kali pada bayi dan lebih dari 3 kali pada anak, konsistensi feses encer, dapat berwarna hijau atau dapat. Perbedaan Status Gizi dan Penyakit Infeksi pada Anak.

Diare paling sering menyerang anak-anak, terutama usia antara 6 bulan sampai 2 tahun dan pada umumnya terjadi pada bayi dibawah 6 bulan yang minum susu sapi atau susu formula. Buang air besar yang sering dengan tinja normal atau bayi yang hanya.

Diare sebagai salah satu penyakit yang masih sering terjadi di Indonesia dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab yang sering luput dari perhatian kita adalah diare akibat infeksi.

Penurunan jumlah netrofil (disebut netropenia) dijumpai pada penyakit virus, leukemia (limfositik dan monositik), agranolositosis, anemia defisiensi besi (ADB), anemia aplastik, pengaruh obat (antibiotic, agen imunosupresif).

Berikan makanan selama serangan diare untuk memberikan gizi pada penderita terutama anak agar tetap kuat dan tumbuh serta mencegah berkurangnya berat badan. Anak yang masih minum ASI harus lebih sering diberi laurallongley.com: Asuhan Keperawatan (ASKEP).

Klasifikasi penurunan berat badan pada diare
Rated 4/5 based on 43 review